The Diamonds words of Mathematics 4

One of the principal objects of theoretical research in my department of knowladge is to find the point of view from which the subject appears in its greatest simplicity

(Josiah Willard Gibbs)

(Salah satu tujuan utama dari penyelidikan teoritis dalam bidang pengetahuan saya ialah untuk menemukan sudut pandang yang darinya pokok persoalannya menjadi tampak dalam kesederhanaannya yang paling tinggi)

The meaning of its main

    Dengan menggunakan bahasa simbol, maka penjelasan yang bila diajukan dengan menggunakan bahasa kata akan bisa menjadi penjang lebar, akan bisa dinyatakan dalam beberapa rumusan simbol yang lebih ringkas. Keringkasan ini sangat membantu dalam proses tukar pikiran di antara mereka yang menekuni dunia matematika untuk menghindarkan diri dari bias arti atau pergeseran makna yang sering berlaku untuk medium kata. Seiring waktu, arti kata biasanya bergeser atau berubah dari arti asalnya sehingga jika kemudian sebuah penjelasan lewat kata diwariskan ke generasi berikutnya, besar kemungkinan generasi yang lebih kemudian itu akan mengartikan kata tersebut secara berbeda sekali dari arti awal seperti yang dimaksudkan oleh generasi sebelumnya.

Kata mutiara ini di ambil dari buku Filsafat Dunia Matematika, karangan Evawati Alisah, M.Pd.dan Eko Prasetyo Dharmawan.

Kadek Adi Wibawa, S.Pd.


Iklan

Penulis: adimath17

Mahasiswa doktoral pendidikan matematika Universitas Negeri Malang. Peneliti PTK, Proses Berpikir, dan defragmentasi struktur berpikir. suka traveling (mendaki, air terjun, wisata pedesaan) suka main gitar, nyanyi pernah jadi ketua organisasi pengen banget jadi penulis buku, peneliti yang produktif dan aplikatif pengen punya bisnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s