PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI IPA 3 SMAN 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012

 

Oleh

KADEK ADI WIBAWA

NIM. E1R 007 017

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 3 SMAN 4 Mataram. Hal ini diakibatkan model pembelajaran yang diterapkan kurang variatif dan didominasi oleh model pembelajaran yang berpusat pada guru. Akibatnya, hasil ulangan harian pada pokok bahasan Trigonometri kelas XI IPA semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 menunjukan bahwa terdapat beberapa kelas yang belum mencapai KKM, dengan KKM untuk mata pelajaran matematika adalah 65. Salah satunya adalah kelas XI IPA 3. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif yaitu, menerapkan model pembelajaran matematika Knisley di kelas XI IPA 3 SMAN 4 Mataram pada materi Trigonometri tahun pelajaran 2011/2012
untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Model pembelajaran matematika Knisley yang diterapkan meliputi empat tahap kegiatan yaitu tahap kongkrit reflektif, kongkrit aktif, abstrak reflektif, dan abstrak aktif. Hasil penelitian siklus I, II, dan III memperlihatkan bahwa rata–rata skor aktivitas siswa berturut–turut adalah 8,325; 12,495; dan 14,83 dengan kategori kurang aktif, aktif, dan sangat aktif. Rata–rata prestasi siswa pada siklus I adalah 46,09 dengan ketuntasan klasikal sebesar 34,26 %, siklus II sebesar 62,35 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64,71% dan siklus III sebesar 66,67 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,48%. Berdasarkan hasil penelitian serta ketercapaian indikator kerja dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika Knisley dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa XI IPA 3 SMAN 4 Mataram tahun pelajaran 2011/2012.

 

 

Kata Kunci : Pembelajaran, aktivitas, prestasi, diskusi, dan matematika Knisley

Iklan

2 tanggapan untuk “PENELITIAN TINDAKAN KELAS

  1. Knisley, J. (2003). A Four-Stage Model of Mathematical Learning. Dalam Mathematics Educator [Online], Vol 12 (1) 10 halaman. Tersedia: http//Wilson Coe.uga.edu/DEPT/TME/Issues/ v12n1/ 3knisley. HTML.

    Mulyana, E. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley terhadap Peningkatan Pemahaman dan Disposisi Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Program Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: FPMIPA UPI Bandung.

    sedikit yang baru meneliti tentang model pembelajaran knisley… ini penelitian sya tahun 2011…
    semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s