Ketika kuliah s1 sama sekali saya tidak memahami tentang distribusi peluang, apalagi anak-anak dari distribusi peluang seperti distribusi binomial, normal, poisson, dll. Saya bisa mengerti dengan mengerjakan beberapa soal latihan yang diberikan dan mencoba menjadi pendengar yang baik ketika dosen menjelaskan. Begitu rumit dengan manfaat yang kurang jelas saya rasakan waktu itu, ditambah dengan pemahaman yang kurang sehingga motivasi belajar saya sangat menurun. Syukur saat ini diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk melanjutkan studi sehingga saya bisa mempelajari lagi distribusi peluang yang kemudian saya ketahui sebagai dasar dari segala dasar mengenai uji hipotesis yang menjadi inti dari setiap penelitian yang dilakukan.

Pertama-tama kita harus memahami arti kata distribusi, yaitu sebaran dan peluang adalah nilai suatu kemungkinan atau perbandingan antara titik sampel dengan ruang sampel. Jadi distribusi peluang itu sendiri adalah sebaran nilai suatu kejadian yang mungkin. Secara logika setiap data yang kita peroleh tentu memiliki sebaran, dan apalagi peluang. Untuk itu lah sebelum kita berbicara tentang data yang lebih besar maka kita harus memahami terlebih dahulu materi tentang distribusi peluang.

Penjelasan berbentuk pdf, yg di buat oleh Pak Loeki dan Mbak Atik.

DISTRIBUSI PELUANG, Kajian buku Pengantar Statistika

Semoga bermanfaat…

Kadek Adi Wibawa