images (6)

Sumber gambar: http://survivingcalifornia.wordpress.com/2010/10/06/euroland-attempting-to-prove-einsteins-theory/

“Since mathematician invaded the theory of relativity. I don’t understand myself anymore.”

Sejak ahli matematika menginvasi teori relativitas. Saya tidak mengerti diri saya lagi.

(Albert Einstein)

apa kira2 maksudx pak Albert yaa? apakah ada yg menyangkal bahwa d dunia ini ternyata ada yang “pasti” yg slama ini bertentangan dengan teori relativitasnya Pak Albert.

menurut Pak Albert satu2x yang pasti di dunia ini hanya ketidakpastian. seseorng yg di katakan pintar itu relatif ktx pak albert,,, berat suatu benda jg relatif,,, misalx mana yg lbh mematikan antara bola tenis dg timah panas? mnrt pak albert itu tergantung, tergantung kecepatan yg diberikan pd masing2 benda, “brarti bs sja bola tenis yg lebh mematikan drpda timah panas” semua itu ada di E=mc kuadrat… energi suatu benda tergantung massa dan kecepatan yg diberkan… suatu benda akn menjadi energi yg sangat luar biasa jk dikalilipatkan dengan kecepatan cahaya (dimana kecepatan cahaya (c) = 344.997 km/det)

dalam novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro di paparkan bahwa

“Einstein dengan teori relativitasnya bisa membuktikan bahwa massa atau benda-benda adalah sesuatu yang relatif. Contohnya bila kita dari kamar pindah ke ruang tamu. Ada materi mabu yang mengisi tempat di kamar yang kita tinggalin. Dan, saat kita masuk ruang tamu ada materi yang pindah lagi karena ada kita yang masung mengisi tempat di ruang tamu. Artinya materi selalu bergerak seperti atom yang sifatnya selalu mengisi tempat kosong.

di lanjutkan lagi bahwa untuk mengetahui bergeraknya suatu materi, harus ada perbandingan dengan benda lain yang bergerak juga. nggak boleh ada kamar doang, harus ada ruang tamunya. ga boleh ada ruang tamu doang, harus ada kamar tidur juga.

sebelumnya saya mengira bahwa para matematikawan sudah menyangkal teori relativitasnya si Einstein karena ada beberapa ilmu di matematika dasar seperti aritmatika yg cenderung pasti, seperti misalx 2+2=4, 4+4=8

tp ternyata dalam matematika 2+2 juga relatif tidak selalu sama dengan 4 bisa saja 6, 1, 8, 10, atau berapapun kita mau tergantung ia berada si Z berapa.

dalam wikipedia di jelaskan bahwa

Perbedaan matematikawan dengan ilmuwan (misalnya fisikawan) adalah matematikawan pada umumnya tidak melakukan eksperimen untuk mendukung atau menolak kesimpulannya. Teori di ilmu alam (misalnya teori gravitasi Newton) perlu dimodifikasi atau direvisi (dalam hal ini teori relativitas umum Einstein), seiring dengan ditemukannya data baru dan hasil eksperimen yang tidak sesuai dengan prediksi teori tersebut. Di lain pihak, teori matematis bersifat statik. Kalau suatu teorema sudah dibuktikan, maka teorema tersebut benar untuk selamanya.

menerut saya penjelasan ini sungguhlah masuk akal kenapa Einstein menganggap bahwa para matematikawan telah merubah teori relativitasnya.

Kadek Adi Wibawa