anak-belajar-matematika

 

Sumber gambar: http://kasinobola.com/tips-membuat-anak-menyukai-matematika/

          Dalam dunia pendidikan di Indonesia, masih banyak guru yang melakukan asesmen dengan hanya melihat dari hasil tugas dan tes siswa. Hal ini dirasa kurang cukup untuk melihat tingkat kemampuan siswa dikarenakan tidak semua siswa mempunyai jenis kemampuan yang sama sehingga guru membutuhkan alat asesmen yang bisa mencakup semua aspek kemampuan siswa.

Dalam proses asesmen banyak hal yang harus diperhatikan agar guru sukses dalam melakukan asesmen dan siswa tidak dirugikan dengan adanya asesmen tersebut. Sehingga banyak cara yang bisa digunakan agar proses asesmen sesuai dengan harapan guru dan siswa, antara lain dengan mengolah waktu dengan baik, melakukan pengamatan, melakukan wawancara, mengembangkan tulisan yang berkualitas, merevisi pekerjaan siswa, mengembangkan asesmen diri, mengembangkan asesmen teman sebaya, memberikan dan mereview pekerjaan rumah, mengumpulkan bukti melalui tes, dan mengumpulkan bukti melalui portofolio.

Dengan adanya kemampuan guru dalam mengembangkan rencana asesmen, diharapkan guru mampu melakukan asesmen secara adil dan mengarah pada perbaikan. Sehingga siswa merasa tidak dirugikan dengan proses asesmen yang dilakukan oleh guru dan tentunya secara otomatis akan meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.

Makalah lengkap disini

semoga bermanfaat

Kadek Adi Wibawa