Tag

, , ,

boystudy

http://oziesegeran.blogspot.com/2011/08/memotivasi-diri-dalam-belajar.html

kak adi mau tanya ni kak adi,, bisa kah kak adi menjelaskan kenapa seseorang tidak memahami konsep dengan baik padahal dia telah belajar mengenai hal tersebut. ?

Pertanyaan yang bagus, dan saya tidak bisa menjawab di fb karena yang diminta adalah “penjelasan”.

Saya akan menjawab dengan Teori Pemrosesan Informasi yang terjadi dalam Otak kita, ketika mencoba untuk memperoleh sesuatu (informasi). Oke singkatnya seperti gambar di bawah ini

PENGANTAR landasan pend

Ketika kita sedang belajar sesuatu, entah itu karena kita belajar sendiri atau diajarkan oleh orang lain, itu berarti bahwa otak kita akan menerima sesuatu yang disebut disini sebagai “stimulus”. Nah, ketika si Stimulus ini masuk ke dalam otak, dia akan tersimpan terlebih dahulu pada “penyimpanan sensorik” dan itu prosesnya sangat cepat dan singkat. Seperti ada mobil ferari lewat di depan kita dengan sangat sangat cepat ‘wiuuuu”, yang menandakan bahwa otak kita akan kedatangan sesuatu yang bernama “stimulus”. Nah kemudian, si stimulus ini di pindahkan secara cepat pada Memori Jangka Pendek (Short Terms Memory). Nah disinilah tempat penyimpanan sementara terjadi. Indikator yang paling jelas terjadi adalah “menarik”. Apabila menurut Si Otak, stimulus yang masuk adalah stimulus yang menarik, maka stimulus akan dipindahkan ke Memori Jangka Panjang (Long Terms Memory). Apabila tidak, maka stimulus itu dilupakan atau dibuang.

Ketika suatu stimulus sudah masuk di LTM maka itu akan mudah untuk diambil atau diingat. Untuk lebih jelasnya lagi bisa di cari informasi tentang Teori Pemrosesan Informasi atau Model Pemrosesan Informasi.

Nah, asumsi saya mengapa seseorang yang belajar mengenai konsep tertentu, tapi tidak mampu memahaminya dengan baik?

1. Karena hal yang dipelajari tidak menarik baginya, sehingga hanya tersimpan pada STM kemudian dilupakan atau disimpannya tidak utuh.

2. Indikator tidak menarik itu banyak, bisa jadi karena konsep yang dipelajari tidak begitu penting, membosankan,

3. Orang tersebut tidak bisa mengaitkan dengan pengetahuan prasyaratnya. Seperti untuk mempelajari atau memahami konsep limit fungsi, seseorang harus memahami konsep fungsi terlebih dahulu, konsep aljabar, bagaimana memanupulasi aljabar, dll. Dalam bahasa kerennya Met-Beforenya (pengetahuan sebelumnya) belum cukup untuk sampai atau beradaptasi dengan konsep yang sedang dipelajari.

Lantas bagaimana caranya belajar agar kita bisa memahami konsep dengan baik?

1. Buat konsep/materi yang kita pelajari sesuatu yang menarik, entah itu mengasumsikannya sebagai suatu kebutuhan, keharusan, atau hal-hal yang membuat itu menjadi sesuatu yang berkesan untuk dipelajari.

2. Kuasai materi prasyaratnya terlebih dahulu.

3. Apabila itu tidak berhasil, minta bantuan pada tutor sebaya. itu merupakan solusi dari Vygotsky mengenai cara orang belajar.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Salam terhangat

Kadek Adi Wibawa, M.Pd.