GURU BAHAGIA #Catatankecil

Selain melihat anak didik berhasil, hal yang membuat Guru merasa Bahagia adalah ketika anak didik memberi kepercayaan untuk menceritakan masa-masa sulitnya selama bersekolah dan mengikuti berbagai mata pelajaran.

Anak-anak kadang takut untuk sekedar bertanya atau menceritakan keluh kesahnya selama mengikuti pelajaran. Padatnya jadwal, banyaknya PR, dan rutinnya pelaksaan Ulangan/Kuis membuat anak didik sering kali merasa “jenuh”. Maka BERBAHAGIALAH GURU YANG DIBERI KEPERCAYAAN OLEH ANAK DIDIKNYA UNTUK MENDENGAR CURHATAN ITU SEMUA.

Setidaknya, salah satu guru itu adalah saya. Anak didik saya memberhentikan gerak tangannya sejenak karena merasa kesulitan, tidak mampu, merasa payah, dan merasa tertekan dengan adanya KUIS YANG DATANGNYA BERTUBI-TUBI.

“kapan saya bisa bernafas? kapan saya bisa bermain?” “kalau hanya PR saja mungkin tidak apa2” Mungkin ini saatnya saya merenung. Kadang saya terlalu egois sebagai GURU MATEMATIKA, saya berpikir bahwa dia harus bagus bermatematika, nilai kuis harus standar KKM. Tapi, disisi lain masih banyak mata pelajaran lain yang menanti, yang juga bertemu “guru egois” yang sama seperti saya yang menginginkan hal sama seperti saya. “dia harus bagus biologi” “dia harus bagus IPS” dia harus bagus komputer” dsb.

Yaa… sah-sah saja kita menuntut anak didik bagus semuanya. Tapi apakah cara yang kita gunakan sudah tepat? Saya seringkali berpikir tentang itu.

Iklan

Penulis: adimath17

Mahasiswa doktoral pendidikan matematika Universitas Negeri Malang. Peneliti PTK, Proses Berpikir, dan defragmentasi struktur berpikir. suka traveling (mendaki, air terjun, wisata pedesaan) suka main gitar, nyanyi pernah jadi ketua organisasi pengen banget jadi penulis buku, peneliti yang produktif dan aplikatif pengen punya bisnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s