Matematika AbstRak, seperti apa yaa?

Yang mana sich yang dimaksud karakter matematika bersifat abstrak? Apakah ilmu yang di pelajari sedikit yang dapat di aplikasikan pada kehidupan sehari-hari, ga kaya fisika dan ilmu2 lain…. atau karena matematika lebih banyak ngurusin variabel dari pada bilangan-bilangan. Atau karena matematika kadang berbicara himpunan kosong yang ga puny anggota, atau bilangan tak berhingga (infinite numbers), bilangan tak terhitung (uncounteble numbers), atau karena matematika lebih banyak ngurusin bukti-bukti dari pada penerapan rumus dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah sekelumit pengalaman dan pertanyaan saya yang membelenggu dalam lubuk otak saya yang paling dalam. Dan akhirnya saya menemukan narasumber yang cukup memberikan penerangan buat saya mengenai keabstrakkan matematika, yang seperti apa sich matematika yang abstrak.

Kurang lebih pengalaman saya seperti ini :

Yang di maksud abstrak dalam matematika hampir sama dengan abstrak dalam sebuah lukisan, yang setiap orang bebas untuk menjelaskan dan menceritakan maknanya yang penting dapat diterima oleh semua orang. Misalnya contoh yang paling sederhana yaitu konsep bilangan tiga, konsep bilangan tiga merupakan ide abstrak menganai bilangan tiga, namun di tunjukkan dengan simbol 3 atau III (tiga romawi), dll sebagai representasi konsep bilangan, jadi bilangan tiga dibuat seolah-olah nyata, karena representasi tersebut, begitu juga konsep teorema phytagoras, yaitu kuadrat panjang sisi miring sama dengan kuadrat jumlah kedua sisinya, ini merupakan ide abstrak tapi di representasikan, kadang dengan gambar dan sisi-sisinya di ganti dengan variabel a2 + b2 = c2, jadi konsep teorema phytagoras dibuat seolah-olah nyata, padahal itu hanya merupakan ide abstrak atau sebuah konsep. Dan banyak lagi konsep-konsep yang lain dalam dunia matematika yang merupakan ide abstrak yang dimana semuanya dapat di representasikan, dengan tujuan menunjukkan bahwa konsep tersebut seolah olah nyata.

Yang menjadi Pertanyaan lagi adalah apakah matematika yang abstrak itu ada atau tidak? Jawabannya ada, untuk menunjukkan bahwa dia ada, maka kita buat representasinya.

Jadi, cukup jelas bukan menganai apa yang di maksud dengan matematika yang abstrak? Mudah-mudahan jelas J dan jika jelas tentunya tidak akan muncul pertanyaan-pertanyaan yang saya sampaikan di awal tulisan saya ini.

Buat teman-teman yang gemar matematika itu akan sama dengan teman-teman yang gemar melukis lukisan abstrak. Dan yang pasti lukisan abstrak itu jauh lebih mahal di bandingkan lukisan yang berupa real picture lainnya. Jadi, berbanggalah kita yang sedang mempelajari matematika, karena kita sedang memasuki dunia yang penuh dengan keabstrakan.

Sekian dan terima kasih

Kata kunci : konsep, abstrak, representasi.

Kadek adi Wibawa

Penulis: Kadek Adi Wibawa

Doktor Pendidikan Matematika dari Universitas Negeri Malang di usia 29 tahun. Sekarang bekerja di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Peneliti PTK, Proses Berpikir, dan defragmentasi struktur berpikir. Suka traveling (mendaki, air terjun, wisata pedesaan). Suka main gitar, nyanyi. Pernah jadi ketua organisasi. Pengen banget jadi penulis buku, peneliti yang produktif dan aplikatif. Pengen punya bisnis

2 tanggapan untuk “Matematika AbstRak, seperti apa yaa?”

  1. Pertama awalnya masa kerja 0,1tahun x 1, 1,2tahun x 2, hingga 7,1tahun x 8 kemudian Akhirnya , Apa Maksud masa kerja 8tahu atau lebih x 9. Sementara aktual masa kerja yang dijalani 32,4tahun pertanyaannya bagaimana penyelesaiannya 32,4 ini dikaitkan dengan 8 atau lebih tersebut terimakasih jawabannya

  2. mungkin akan bagus jika dijelaskan juga bahwa abstraksi dalam matematika membuat hasil generalisasinya lebih powerfull dan aplikasinya bahkan bisa lebih luas. contoh generalisasi operasi2 aritmatika dalam struktur aljabar seperti grup, ring, field, ruang vektor yang ternyta lebih powerfull dan lebih aplikatif untuk problem2 matematik yang lain 🙂

Tinggalkan komentar