Soal Aljabar (Olimpiade SMA)

algebra

Aljabar merupakan materi pokok dalam olimpiade SMA, dimana aljabar merupakan dasar dan penunjang dari materi-materi pokok yang lain, yaitu teori bilangan, geometri, dan kombinatorika. Tanpa pemahaman yang baik pada materi ini, mustahil akan memperoleh pemahaman yang bagus pada ketiga materi pokok yang lain. Sehingga, aljabar menjadi awal di setiap pembinaan olimpiade, dengan harapan para peserta mampu memahami aljabar dengan baik sebagai bagian dari kompetisi dan bagian dari basis pada materi yang lain.

Salah satu contoh soal aljabar adalah :

Jika diberikan , maka banyak bilangan bulat yang merupakan solusi dari persamaan tersebut adalah . . . (OSK SMA tahun 2005/2006)

Jawab :

Kemungkinan yang terjadi

  • dengan syarat maka

    Sehingga diperoleh

  • maka sehingga diperoleh
  • maka sehingga diperoleh

Tetapi jika x = 1, maka , sehingga x = 1 tidak memenuhi. Harga x yang memenuhi adalah x  = -2, -1, 0, dan 2.

  Dengan demikian ada 4 harga x yang memenuhi.

Kumpulan soal-soal aljabar bisa di download pada link di bawah ini

Ringkasan materi dan soal-soal albajar.

Kunci jawaban

Kadek Adi Wibawa


Penulis: Kadek Adi Wibawa

Doktor Pendidikan Matematika dari Universitas Negeri Malang di usia 29 tahun. Sekarang bekerja di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Peneliti PTK, Proses Berpikir, dan defragmentasi struktur berpikir. Suka traveling (mendaki, air terjun, wisata pedesaan). Suka main gitar, nyanyi. Pernah jadi ketua organisasi. Pengen banget jadi penulis buku, peneliti yang produktif dan aplikatif. Pengen punya bisnis

Tinggalkan komentar