Persegi panjang adalah persegi?

ok

Masalah penamaan dalam matematika.

    Sejak SD kita sudah diperkenalkan dengan yang namanya persegi dan persegi panjang. di SMP, SMA, dan bahkan hingga kuliahpun kita masih membahas dan mendiskusikan persegi dan persegi panjang sebagai bagian dari bentuk geometri yang sangat unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Namun apakah sempat terpikirkan oleh kita, mengenai ‘penamaan’ yang diberikan pada persegi dan persegi panjang, sepintas mungkin “tidak” karena kita sudah terlanjur mudah dan familiar dalam menyebutnya.

Coba pertahatikan baik-baik.

Persegi

persegi

panjang

rambut

rambut

panjang

Rambut panjang adalah rambut. Akan tetapi, persegi panjang apakah merupakan persegi?

“panjang” dalam kedua frase di atas merupakan merupakan kata sifat. Jadi ketika kita menyebut “rambut panjang” maka rambut panjang merupakan rambut, akan tetapi ketika menyebut persegi panjang, itu belum tentu sebuah persegi.

Jadi, ada sebuah kesenjangan “penamaan” antara persegi dan persegi panjang. Dimana, seharusnya persegi panjang merupakan persegi tapi secara formal maupun informal persegi panjang itu bukanlah persegi. Sama halnya dengan mahasiswa dan mahasiswa universitas mataram, maka mahasiswa universitas mataram itu pastilah mahasiswa.

Bayangkan dari SD hingga kini kita masih terjebak dengan “penamaan” ini. suatu yang sudah lazim kita ucapkan ternyata mengandung sebuah problematika tersendiri.

Apa yang menjadi solusi terbaik dari dua penamaan di atas.

Apakah kita harus mencari nama baru dari persegi?

Atau mencari nama baru buat persegi panjang dengan membiarkan nama persegi sebagai perwakilan segi empat yang memiliki panjang sisi yang sama dan salah satu sudutnya siku-siku?

Atau membiarkan problematika ini terus menjadi kebiasaaan yang buruk buat kita semua?

Tulisan ini terinspirasi oleh Bapak Prof. Ipung Yowono M.Sc (Tim PISA) dan Dr. Herry Susanto (Tim Olimpiade Nasional) sebagai dosen di Universitas Negeri Malang.

Kadek Adi Wibawa

Penulis: Kadek Adi Wibawa

Doktor Pendidikan Matematika dari Universitas Negeri Malang di usia 29 tahun. Sekarang bekerja di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Peneliti PTK, Proses Berpikir, dan defragmentasi struktur berpikir. Suka traveling (mendaki, air terjun, wisata pedesaan). Suka main gitar, nyanyi. Pernah jadi ketua organisasi. Pengen banget jadi penulis buku, peneliti yang produktif dan aplikatif. Pengen punya bisnis

5 tanggapan untuk “Persegi panjang adalah persegi?”

    1. ada salah satu buku yang saya baca “a primer for mathematics competitions” menyebutkan bahwa “the babylonians called a rectangle “length-breadth or field”
      jadi orang2 babylonia menyebut “persegi panjang” sebagai panjang-lebar atau lapangan.

Tinggalkan komentar